Rangkuman Isi Kandungan Surat Al Mulk

Kandungan Surat Al Mulk – Rangkuman pokok pembahasan dari keistimewaan surat Al Mulk dalam keseluruhan ayat mulai dari ayat 1 sampai dengan ayat ke 30 akan menjadi tema pembahasan kita kali ini, surat Al Mulk sendiri adalah surat yang menjadi pembuka dari Juz 29.

Sobat muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan surat yang satu ini. Ya, surat Al Mulk adalah salah satu surat yang masuk kedalam jajaran surat pendek yang mudah di hafalkan dan menjadi rekomendasi untuk dihafal bagi penghafal Al Quran pemula. Kenapa demkian ? karena ayat ayat yang ada didalam surat Al Mulk memiliki jumlah atau kalimat yang pendek, sehingga mudah untuk diingat. Dan untuk sobat yang ingin memperindah bacaan Quran terkhusus pada surat Al Mulk, sobat bisa download surat Al Mulk dalam bentuk mp3 atau audio dan menirukan suara qori yang membacanya.

Adapun qori qori yang memiliki suara merdu dan mudah untuk ditirukan ada beberapa nama yang cukup terkenal, seperti Syaikh Mishary Rashid Al Afasy, Syaikh Abdurrahman Al Ausy serta masih banyak referensi murottal mp3 lainnya yang bisa sobat jadikan referensi.

Baik, yuk langsung saja kita menuju pembahasan tema utama kita kali ini yakni kandungan surat Al Mulk.

Isi Kandungan Surat Al Mulk

Sebelumnya yuk kita pelajari statistik atau keterangan surat Al Mulk, berikut keterangannya.

Info Surat Al Mulk

Surat Al Mulk memiliki arti kerajaan dan surat ini memiliki nama lain yakni Tabarak yang artinya Maha Suci. Dalam mushaf Al Quran yang kita pakai sehari hari, surat Al Mulk masih termasuk kedalam golongan surat Makkiyah yang artinya surat ini turun di kota Mekkah. Surat Al Mulk merupakan surat urutan ke 67 dan masih termasuk kedalam jajaran surat di Juz 29, surat ini terdiri atas 2 ruku dan memiliki ayat yang jumlahnya 30 ayat. Penamaan surat Al Mulk diambil dari ayat yang ke 1.

Dan berikut rangkuman isi kandungan atau pokok pokok pembahasan yang bisa untuk kita pelajari dan renungkan.

Dalam surat Al Mulk terdapat perintah untuk merenungkan ciptaan yang telah Allah ciptakan diatas muka bumi ini, dan dalam surat ini juga memberikan pelajaran bahwasannya hidup dan mati itu adalah ujian yang Allah turunkan untuk manusia. Dan dalam surat ini Allah Ta’ala mengabarkan bahwasannya langit yang berlapis lapis itu memiliki keseimbangan.

Tujuan dari diciptakan bumi dengan bentuk yang sedemikan ini adalah untuk manusia, agar manusia itu bisa mudah untuk menempati dan mencari rizki yang telah Allah sebarkan diatas bumi, kemudian dalam surat ini terdapat peringatan yang ditujukan kepada orang orang kafir berupa azab yang akan diterima dan juga janji dari Allah Ta’ala berupa balasan yang setimpal untuk orang orang yang beriman kepada-Nya.

Surat Al Mulk sendiri menegaskan tentang azab bagi mereka mereka yang tidak mau untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah Ta’ala anugerahkan kepada manusia, dan Allah Ta’ala memperingatkan manusia agar selalu bersyukur terhadap nikmat yang telah diperoleh manusia.

Surat Al Mulk sendiri berisikan kabar dan bukti nyata akan kebesaran dan ke-Maha Penciptaan Allah Ta’ala yang telah membuat alam semesta ini, dan kita sebagai manusia sangat dianjurkan untuk senantiasa mengamati apa apa yang ada dialam semesta ini yang telah Allah ciptakan didalamnya.

Setidaknya ada 4 point utama dari isi kandungan surat Al Mulk yang bisa untuk kita jadikan pelajaran dan bahan renungan kita semua, semoga kita semua menjadi manusia yang diridhoinya dan terhindar dari azab Allah Ta’ala yang sangat pedih dan tak pernah dibanyangkan oleh manusia sebelumya.