Teknologi Kedokteran Gigi

Teknologi Kedokteran Gigi

Praktek teknologi gigi adalah desain, konstruksi, perbaikan atau perubahan gigi prostetik, perangkat restoratif dan ortodontik. Undang-Undang Profesi Kesehatan yang Diatur, 1991 (RHPA), menetapkan bahwa teknologi gigi hanya dapat dilakukan oleh seorang Dokter Gigi Terdaftar (RDT) yang memegang Sertifikat Pendaftaran Umum, seorang dokter gigi atau orang yang diawasi oleh RDT atau dokter gigi.

Apa yang dilakukan oleh Teknologi Kedokteran Gigi?

RDT menggunakan dental unit atau berbagai alat khusus, teknik, bahan, dan teknologi (termasuk desain dan manufaktur yang dibantu komputer) untuk menghasilkan jembatan, mahkota gigi, gigi palsu, implan, ortodontik, dan perangkat gigi lainnya. Sifat unik dari perangkat ini — tidak ada dua pasien yang sama — berarti, serta secara teknis kompeten, RDT harus secara kreatif mahir dan berpengetahuan tentang kemungkinan dan keterbatasan berbagai macam material.

RDT juga dapat bekerja secara langsung dengan pasien pada janji ‘pengambilan naungan’ di mana RDT mencocokkan nada warna perangkat dengan warna gigi alami pasien. Kemudian, mereka dapat, di bawah pengawasan dokter gigi, menemui pasien dengan apa yang disebut ‘try-in’, di mana alat ini diadili di mulut pasien, oleh dokter gigi, untuk memeriksa kecocokan yang baik sebelum diselesaikan.

Beberapa RDT juga mendukung pengembangan profesional masa depan melalui pekerjaan mereka dalam program pendidikan teknologi gigi, dan yang lain mungkin fokus pada pengembangan teknologi, teknik, dan produk baru melalui pekerjaan mereka dengan produsen komponen dan pemasok.

Dimana Teknologi Kedokteran Gigi Diterapkan?

Sebagian besar RDT bekerja di laboratorium, baik di fasilitas yang berdiri sendiri atau di klinik gigi. RDT dapat memiliki laboratorium tempat mereka bekerja, tetapi pemilik laboratorium tidak perlu menjadi RDT; Namun, semua pekerjaan yang diselesaikan di laboratorium gigi harus diselesaikan oleh atau diawasi oleh anggota College of Dental Technologists Ontario, RDT, atau Royal College of Dental Surgeons of Ontario, dokter gigi.

Beberapa RDT juga bekerja di institusi seperti Universitas, Sekolah Tinggi dan Rumah Sakit yang menawarkan layanan teknologi gigi.

Sejarah Singkat Teknologi Kedokteran Gigi

Teknisi Gigi telah diatur oleh undang-undang sejak tahun 1958. Pada tahun 1962, amandemen Undang-Undang Teknisi Gigi memungkinkan pendaftaran teknisi baik sebagai Teknisi Gigi atau Mekanika Gigi. Pada tahun 1979, Undang-Undang diganti dengan Teknisi Gigi dan Act Denturists. Pada tahun 1990 Undang-Undang Profesi Kesehatan disahkan, memungkinkan pendirian Sekolah Tinggi yang terpisah.

Pada tahun 1995, Dental Technicians dan Denturists Act dicabut berdasarkan Undang-undang Amendemen Kerangka Kesehatan, dan College of Dental Technicians didirikan. Set pertama dari peraturan yang diusulkan di bawah UU Profesi Kesehatan telah disetujui oleh Orde dalam Dewan pada 11 September 1997. Pemilihan pertama diadakan pada tahun 1998.