Tips Merawat Burung Perkutut

Tips Merawat Burung Perkutut – Cara merawat perkutut sebetulnya terbilang mudah. Pasalnya, burung perkutut merupakan burung lokal pemakan bijian dengan tubuh ramping dengan ukuran 21 cm sehingga tidak memakan banyak tempat. Selain itu burung yang memiliki warna abu-abu dari kepala, leher hingga ekornya ini memiliki suara burung perkutut yang merdu dan santai. Tidak heran burung perkutut lokal hanya dipelihara oleh kicaumania yang mencari burung peliharaan dengan suara yang unik.

Burung Perkutut

Sayangnya, untuk mendapatkan burung perkutut yang mau manggung tidaklah mudah. Ada berbagai faktor dan latihan agar suara burung perkutut mau mengalun merdu. Nah, berikut ini tips merawat burung perkutut yang bisa Anda coba.

  • Pilih perkutut jantan

Untuk mendapatkan suara burung perkutut yang gacor, Anda bisa memelihara burung perkutut jantan. Nah, cara membedakan perkutut jantan dan betina cukup melihat dari sumpit kerapatan kaki. Kalau kurang dari 1 cm bisa dipastikan perkutut jantan. Kalau sumpit renggang berarti perkutut betina, untuk lebih lengkapnya anda bisa kunjungi cenayangkicau.com. Tidak hanya itu, perkutut jantan biasanya memiliki badan yang besar dan tegak serta ekor yang menyatu.

  • Rajin memandikan burung

Dalam merawat perkutut, Anda perlu memandikan burung perkutut secara teratur. Hal ini membuat perkutut selalu segar dan mau bunyi. Cukup menggunakan semprotan halus dengan air biasa atau menggunakan air beras dicampur daun sirih untuk menghilangkan kutu pada bulu perkutut.

  • Menjemur burung

Untuk mendapatkan suara burung perkutut yang merdu, Anda juga perlu menjemur secara rutin perkutut kesayangan. Jemur agar terkena sinar matahari mulai pukul 7-9 pagi saja. Penjemuran ini selain membuat burung lebih sehat dan jauh dari penyakit juga membuat burung lebih birahi sehingga mau berkicau.

  • Pakan berkualitas

Dalam merawat burung perkutut, Anda juga perlu memperhatikan pakan. Anda bisa memberikan pakan berupa biji-bijian seperti milet, beras merah, jagung dan voer. Selain pakan, Anda juga harus memberikan minum dengan air bersih yang segar.

  • Penempatan sangkar

Untuk membuat suara burung perkutut kian gacor, Anda bisa menempatkan sangkar burung di kondisi yang nyaman dan tidak membuat burung strees,